Minggu, 14 Agustus 2011

Mencoba mengkonfigurasi dan mengecek ip address, subnetmask, default gateway dan DNS serta mencoba ping ke komputer lain

1.Untuk awalan kita buka dulu Vm-warenya dan login ke Ubuntu milik kita. Setelah Login, lihat pojok kanan atas lalu klik Applications -> Accessories -> Terminal.

 2. Setelah masuk keTerminal (di windows namanya Command Prompt) sekarang baru bisa kita konfigurasi dan kita setting ipnya.
3. Selanjutnya kita ketikkan ini sudo nano /etc/network/interfaces ( awasi juga penggunaan spasi).
4. Ini bagian penting, ketikkan ini:
auto lo
iface lo inet loopback
auto etho
iface etho inet static

address 10.10.102.63 ( sesuaikan dengan ip address anda)
netmask 255.255.255.0 ( sesuaikan dengan subnetmask anda)
gateway 10.10.102.1 ( sesuaikan dengan default gateway anda)

Setelah ini semua selesai ketikkan CTRL+X lalu ketik Y.
5. Otomatis kembali ke terminal utama kita ketikkan ini sudo nano /etc/resolv.conf untuk mengatur DNS Server.

6. Lalu kita ketikkan ini 
# Generated by NetworkManager
nameserver 10.10.1.5 ( sesuaikan dengan DNS anda )
Setelah itu ketik CTRL+X lalu Y
7. Sekarang coba ketikkan ip default gateway yang anda masukkan tadi. Bila berhasil akan keluar tulisan Reply..., seperti gambar di atas.
 8. cek juga ip ke DNS, bila berhasil akan keluar tulisan Reply...

9.Setelah DNS selesai, kita coba ketikkan ping google.com(gambar 1), bila reply juga maka anda sudah bisa melakukan koneksi internet(gambar2).
10. Selesai semuanya, sekarang coba lagi mengecek ip apakah bisa tersambung dengan ip komputer lain. untuk contoh saya akan mengetik ping 10.10.102.60,ping 10.10.102.61,ping 10.10.102.62, dan alhasil semua sukses bila keluar tulisan Reply....
11. Sekarang kita coba tahap lanjut (sunnah, bila ingin dikerjakan tidak apa-apa) menginstall ssh di ubuntu anda. Ssh ini berfungsi untuk meremote komputer server via client. Untuk percobaan saya ini digunakan untuk memudahkan copy file dari komputer lain.cara menginstallnya yaitu ketikkan ini: sudo apt-get install openssh server openssh client
12. tinggal copy file yang ada di file komputer lain dengan mengetikkan ini: sudo scp homelawan@iplawan:/home/homelawan/filecopy /home/homesaya contoh saya sudo scp maximus@10.10.102.62:/home/maximus/coba.tar.gz /home/bowo (kata maximus dan kata bowo bisa anda ganti dengan home anda dan home komputer lawan yang akan anda copy, jangan lupa sesuaikan ip komputer lawan juga dan terakhir awasi penggunaan spasi) lalu ketikkan password komputer lawan dan bila sukses maka proses pengcopyan dapat berjalan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar